Bersepeda – 7 Tips Keamanan Saat Mengendarai Sepeda

Mengendarai sepeda adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu di luar. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk bersama keluarga Anda. Ada jalur sepeda yang indah di seluruh negeri yang memungkinkan berbagai tingkat keterampilan dan kecepatan saat bersepeda.

Menggunakan sepeda Anda sebagai alat transportasi alternatif adalah cara proaktif untuk membantu menyelamatkan lingkungan kita. Dengan mengendarai sepeda ke tempat kerja atau ke toko, Anda tidak berkontribusi pada pembuangan yang dikeluarkan dari mobil. Mengendarai sepeda juga merupakan cara yang bagus untuk berolahraga. Beberapa manfaat olahraga termasuk peningkatan keseimbangan, kelenturan, kekuatan dan stamina.

Penting saat bersepeda untuk berkendara dengan aman. Di bawah ini adalah 7 tips keamanan yang perlu Anda ketahui.

1. Berkendara di sisi kanan jalan raya.
Sering kali, cara paling aman untuk berkendara adalah sebagai bagian dari lalu lintas, mengikuti arus dengan pola lalu lintas normal. Pengendara sepeda yang berkendara dengan cara ini mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan lebih aman.

2. Ketahui sinyal tangan Anda.
Untuk belok kiri, arahkan lengan kiri Anda lurus ke luar. Untuk berbelok ke kanan, luruskan lengan kanan Anda. Jika Anda memperlambat atau menghentikan Anda dapat menggunakan tangan kiri atau kanan. Untuk melakukan ini, letakkan lengan Anda dari samping tubuh Anda sehingga telapak tangan Anda menghadap ke belakang ke arah lalu lintas dan pengendara lain di belakang Anda.

3. Selalu pakai helm, bahkan di jalur sepeda.
Telah terjadi kecelakaan sepeda serius yang terjadi di jalan-jalan pemukiman yang sepi, di jalur sepeda dan di tempat parkir. Banyak kecelakaan sepeda bahkan tidak melibatkan mobil. Kecelakaan bisa menimpa pengendara dari segala usia, oleh karena itu Anda harus memakai helm berapapun usia Anda. Tidak masalah apakah Anda berkendara di seberang jalan atau di jalan yang sibuk. Helm berwarna cerah sehingga pengemudi dapat melihat Anda dengan lebih baik. Mereka juga memberikan perlindungan dari matahari atau hujan. Alasan utama memakai helm adalah untuk melindungi otak Anda dari cedera jika Anda bertabrakan dengan sesuatu yang tidak terduga.

4. Dapatkan lampu depan.
Mengendarai helm diwajibkan oleh hukum. Jika Anda berkendara di malam hari, Anda harus benar-benar menggunakan lampu depan. Mengenakan lampu depan yang berkedip di siang hari juga dianjurkan. Ini akan membuat Anda lebih terlihat oleh pengendara.

5. Makan sarapan sebelum berkendara.
Sarapan yang baik akan membantu memulai metabolisme dan memastikan Anda memiliki banyak energi saat bepergian.

6. Minum banyak cairan.
Saya sarankan Anda minum air putih atau minuman olahraga agar tidak mengalami dehidrasi. Pastikan Anda minum selama perjalanan meskipun Anda tidak haus.

7. Pertahankan jarak tiga kaki.
Saat Anda mengendarai sepeda, pastikan jarak minimal tiga kaki antara sepeda Anda dan mobil yang diparkir atau seseorang yang mengemudi ke arah yang sama. Ini membantu mencegah kecelakaan serta menetapkan zona aman Anda.

Mengendarai sepeda jauh lebih murah daripada mengendarai mobil. Saat Anda mulai menghitung bahan bakar, perawatan, asuransi, dan biaya tersembunyi lainnya, Anda dapat dengan mudah memperkirakan berapa banyak uang yang Anda hemat dengan mengendarai sepeda. Saya mencoba dan mengendarai sepeda tiga kali seminggu. Ketika saya kembali dari perjalanan saya, saya merasa rileks, segar dan berenergi. Saya harap Anda segera menikmati bersepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *